Search blog...

#beBASEkspresi: Dibalik Ilustrasi Karya Nadya Noor, Mengajak Kamu Untuk Merangkul Keberagaman

#beBASEkspresi: Dibalik Ilustrasi Karya Nadya Noor, Mengajak Kamu Untuk Merangkul Keberagaman

Dalam merayakan bulan Kemerdekaan Indonesia, BASE sebagai sekincare lokal berkolaborasi dengan ilustrator berbakat, Nadya Noor. Jika kamu merasa familiar dengan nama ini, itu dikarenakan karyanya sering ditemukan di salah satu media berita daring. THE BEAUTY FROM SABANG TO MERAUKE adalah ilustrasi yang dibuat untuk merayakan dan mempromosikan keberagaman keunikan dari keindahan Indonesia, agar kita semua bisa bebas dalam mengekspresikan diri.

Kenalan Dulu Sama Nadya Noor

Selain menjadi ilustrator Nadya juga seorang Grafis Desainer di salah satu portal media daring. Uniknya Nadya adalah lulusan Arsitektur Interior Universitas Indonesia yang akhirnya memilih untuk terjun di bidang desain grafis dan ilustrasi.

Kira-kira Nayda hobinya apa ya? Hobi Nadya juga cukup unik, dia suka mengurus rumah, mungkin memang karena ada dasar interior kali ya jadi suka mengurus rumah. Menurut orang-orang, Nadya dengan suaminya, Dea Anugerah yang merupakan seorang penulis adalah power couple. Yuk, kita telusuri lagi keunikan dari Nadya melalui karyanya.

Inspirasi Dibalik Ilustrasi THE BEAUTY FROM SABANG TO MERAUKE

“Aku mau buat Indonesia! Karena bentuk kepulauan Indonesia yang unik,jadilah aku mengutak-atik bentuk kepulauan besar di Indonesia, lalumenggambar berbagai representasi perempuan tiap suku.”

Pertama kali ketemu melalui daring, Nadya memaparkan, “Aku langsung kepikiran mau buat apa saat diberikan tema kemerdekaan. Aku mau buat Indonesia!.” Inspirasinya datang dari bentuk-bentuk pulau besar di Indonesia yang unik, serta kergaman suku di Indonesia yang sangat beragam.

Untuk itu, Nadya menggunakan beragam warna dari warna-warna dasar ke warna semi-neon. “Menurutku, menggambarkan perempuan-perempuan Indonesia tidak perlu muluk, justru keberagaman tiap individu yang semakin menonjolkan representasinya.” papar Nadya.

Cerita dan Pesan Dibalik Ilustrasi THE BEAUTY FROM SABANG TO MERAUKE

Jika diamati ilustrasi ini sangat berwarna-warni dan bentuknya pun sangat beragam. Hal tersebut dibuat sedemikian rupa untuk menggambarkan keberagaman dari “cantik”. Menurut Nadya, “Tidak melulu cantik itu putih, bersih, langsing; old school banget ya.”

Standar kecantikan memang absurd, sepertinya sudah tidak jaman lagi ya menyamakan semua perempuan dengan standar kecantikan. Meskipun demikian, Nadya memaparkan akan pentingnya memahami body positivity dan konsep love yourself yang sudah sering diutarakan, agar kamu lebih percaya diri sehingga kita lebih bebas dalam berekspresi.

“Tidak perlu mencintai apa yang kita tidak punya, cukup mencintai apayang kita punya.”

Menurut Nadya dengna kampanye ini mengajak kita semua untuk mencintai apa yang kita punya. Nadya juga melihat perlunya brand lain di Indonesia untuk terus membanggakan ragam dari jenis kulit, tubuh dan fitur lainnya agar kita semua bangga dengan kecantikan kita.

Sangat Penting Untuk Anak Muda Sekarang Mengekspresikan Dirinya

Selain bangga kita juga perlu untuk berani mengekspresikan diri, menurut Nadya juga dengan mengekspresikan diri, kamu bisa melihat potensi yang ada dalam diri kita semua. Ataupun jika kamu melihat yang lain, kamu bisa meniru hal positif yang ditebarkan seperti kampanye #beBASEkspresi ini. Nadya memaparkan, “Menurutku, sebelum membantu yang lain, kamu perlu bangga terhadap dirimu sendiri.”

Tantangan Menjadi Ilustrator Perempuan di Indonesia

Menurut Nadya, sejauh ini tidak ada hal yang merugikan dirinya karena dia perempuan. “Mungkin ada beberapa produk yang selalu memandang karyaku sebagai woman-oriented, padahal tidak sepenuhnya begitu.” Tetapi Nadya juga melihat titik cerah industri kreatif masa kini, karena banyak industri kreatif mulai memandang karya ilustrator perempuan sederajat dengan laki-laki, jadi tergantung kepada gaya ilustratornya yang jadi pertimbangan.

Gerakan media sosial #beBASEkspresi adalah gerakan untuk membebaskan diri dari standarisasi kecantikan agar kita semua bisa bebas dalam mengekspresikan diri. Salah satu cara agar kita bisa benar-benar bebas adalah dengan merangkul keberagaman. Lagi pula, keberagaman membuat setiap individu menjadi unik apa adanya, jadi kenapa harus mengikuti batasi dengan sebuah standar?

Tertarik untuk berpartisipasi dengan gerakan #beBASEkspresi? Kamu bisa dapat merchandise edisi terbatas BASE dengan klik di sini.

Was this article helpful?

Related Stories