Search blog...

#beBASEkspresi Merubah Stigma Standarisasi Kecantikan Lewat Karya Artistik Sekar Puti

#beBASEkspresi Merubah Stigma Standarisasi Kecantikan Lewat Karya Artistik Sekar Puti

Stigma dan konsep standarisasi kecantikan ideal membentuk perempuan-perempuan Indonesia mengejar sebuah kecantikan yang mustahil. Padahal perempuan Indonesia memiliki banyak keberagaman kecantikan.

Untuk itu, melalui karya FREEDOM TO BE OURSELVES dan VICTORY IS CONTAGIOUS, Sekar Puti ingin memperlihatkan indahnya kebebasan dan keberagaman kecantikan. Penasaran seperti apa cerita di balik karya-karya Sekar Puti? Simak terus cerita Sekar Puti dalam proses pembuatannya.

“Keluarga dan Temanku Biasa Memanggil Aku Puti.”

Puti memiliki latar belakang Seni Rupa Keramik yang pindah ke Bandung untuk bisa kuliah di ITB. Menurut Puti material keramik sangat menarik karena dari proses sampai hasilnya memakan waktu yang panjang, detail dan intim.

Ketertarikan ini yang membuat Puti ingin terus berkarya untuk merepresentasikan suara yang tadinya tidak terdengar. Inspirasi nya pun datang dari pelukis seperti Frida Kahlo, pematung Nikki De Saint Phalle, sampai ke hal-hal keseharian.

Dari pencarian dan inspirasi ini membuat Puti mendapatkan gaya khasnya yang dituangkan dalam bentuk gambar maupun keramik dengan tujuan untuk memberi semangat bagi semua orang, khususnya perempuan.

Tantangan Sebagai Seniman Perempuan

Dalam karirnya, Puti tidak luput dari tantangan. Sebagai Ibu dari dua orang anak, menurut dia tantangan menjadi seniman perempuan sama dengan semua perempuan di bidang profesi lain. Hanya saja, dari segala tantangan tersebut, Puti juga mengungkapkan tantangan yang paling penting datang dari diri sendiri.

“Orang sekitar atau masyarakat akan selalu mempertanyakan kemampuanatau signifikansi kita, dan dari diri sendiri kita harus terus percayabahwa kita bisa.”

Merepresentasi Perempuan dari Segala Usia, Etnis dan Kepribadian.

Puti ingin merepresentasi perempuan dari segala usia, etnis maupun kecenderungan. Baik dari cerita hidup, sosial politik dan kekuatan mereka. “Keajaiban, keindahan dan dosa-dosa mereka terutama konflik antara mimpi dan kodrat sebagai perempuan di kehidupan keluarga dan masyarakat.” papar Puti.

Puti mencoba untuk menangkap keberagaman perempuan dalam bentuk visual dari langsing hingga gemuk, berkulit gelap maupun terang sampai ke hal-hal ekspresif yang membedakan satu perempuan dengan perempuan lainnya seperti warna, panjang rambut, gestur dari masing-masing perempuan yang bisa kamu lihat dalam ilustrasi Puti.

Cerita Dibalik “FREEDOM TO BE OURSELVES”

Dalam karya ini, Puti ingin mengajak perempuan untuk menjadi diri sendiri dan bisa menerima diri maupun keadaannya. Dengan menerima diri, kita semua bisa hidup sepenuhnya sekaligus merayakan kemenangan kecil yang kita capai.

Menerima diri dan merayakan kemenangan dapat dilihat dari dua perempuan yang menari seakan menikmati gerakannya. Di bagian bawah juga terdapat dua perempuan dalam keadaan tenang bersamaan dengan visual gunung dan matahari yang juga menggambarkan ketenangan.

Cerita Dibalik “VICTORY IS CONTAGIOUS”

Di karya kedua ini memperlihatkan visual berbagai perempuan dari segala etnis. Puti ingin menyampaikan bahwa, kita sebagai perempuan harus berdiri tegap bersama untuk saling mendukung untuk mencapai kemenangan. Puti percaya jika kita menyebarkan dampak positif, seperti rantai sekeliling kita juga akan memberikan dampak positif itu kembali.

Menemukan Jati Diri Dengan Mengekspresikan Diri

Apakah kamu setuju kalau mengekspresikan diri itu penting? Menurut Puti juga mengekspresikan diri sangat penting terutama dalam perjalanan menemukan jati diri. Bukan untuk orang lain, tetapi untuk kamu sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua adalah makluk sosial yang hidup dalam suatu keluraga dan masyarakat, sehingga pilihan yang sering kita dapatkan adalah, apakah kamu ingin menyesuaikan diri atau menjadi diri sendiri?

“Apakah kamu ingin menyesuaikan diri atau menjadi diri sendiri?”

Untuk Puti, selalu mendengarkan diri sendiri, menjadi dirinya sendiri dan fokus dalam mengejar mimpinya dapat membantu dia tumbuh sebagai seorang pribadi yang memberi dampak positif pada sekitar.

Jadi Dirimu Sendiri dan Kejar Mimpimu

Kamu juga bisa memberi dampak positif pada sekitar kamu. Melalui gerakan sosial BASE yaitu #beBASEkspresi ingin mengajak kalian semua untuk berani mengekspresikan diri. Seperti yang Puti sudah sebutkan, dengan mengekspresikan diri kita dapat menemukan jati diri kita.

Kamu bisa juga suarakan dukungan kamu dengan memakai merchandise BASE yang bisa kamu dapatkan di sini.

Was this article helpful?

Related Stories