Search blog...

#beBASEkspresi Menjadi Diri Sendiri Tanpa Menghiraukan Pendapat Orang Lain, Ini Tips dan Triknya

#beBASEkspresi Menjadi Diri Sendiri Tanpa Menghiraukan Pendapat Orang Lain, Ini Tips dan Triknya

Apakah kamu pernah merasa takut untuk mengekspresikan diri karena orang sekitar mu? Hidup dalam keberagaman bukan hal yang asing untuk kita semua, apalagi di Indonesia yang kaya akan keberagamannya. Terkadang kita merasa takut untuk mengekspresikan diri dikarekanan tekanan dari orang-orang sekitar. Oleh sebab itu di sini Emily dan Anin akan membagi cerita dan tips cara menjadi diri sendiri.

Emily, Pekerja Kreatif di Jakarta

“Halo gua Em. Asal gue dari Batam dan saat ini gue bekerja sebagai pekerja kreatif di Jakarta.” Em dengan potongan rambut pendek mengaku lebih suka memakai celana daripada rok, membuat banyak orang bingung dengan penampilannya.

Menurut Em orang sekitarnya sering bingung akan penampilan Em yang “maskulin” ketimbang feminim, “Kalau sebenarnya penampilan gue ini cukup membingungkan orang. Kalau memang boleh meminjam kata orang itu sebenarnya lu cewek apa cowok sih gitu.”

Em juga mengungkapkan kalau kita semua bisa bebas dalam mengekspresikan diri, hal tersebut akan membuat kita semua lebih bahagia, karena Em beranggapan, “Kalau lo tetap mengikuti keinginan masyarakat, bakal tidak ada habis-habisnya. Pada akhirnya lo akan capek sendiri.” Menjadi diri sendiri adalah hal penting bagi Em, dan dia juga mendorong kita semua untuk lebih nyaman dan pastinya bebas untuk mengekspresikan diri.

“Ketika sekitar kita menerima kita apa adanya, kita akan merasa ada disebuah safety net, dan ketika lo berada di safety net itu, lobisa merasa nyaman berpendapat dan menerima opini mereka.”

Dari pengalaman Em, cara menjadi diri sendiri adalah dengan menuruti keinginan kita, dan apa yang membuat kita nyaman bukan menuruti perkataan maupun ekspektasi orang lain. Em sadar jika sekitar kita mendukung dan memberi dampak positif, kita semua akan bebas mengeluarkan opini dan mengekspresikan diri, dengan begitu opini tersebut akan jujur dan juga dapat meningkatkan kualitas diri kita sendiri.

Anin, Mahasiswi dan Model

Anin seorang mahasiswi dan bekerja paruh waktu sebagai model, juga dikenal sebagai The Beauty Pale Is Me di Instagram, terlahir dengan kondisi albinisme yang membuat kulitnya tidak ada pigmen. Di sini Anin menceritakan kenapa menurut dia penting untuk menjadi diri sendiri.

“Menurut aku mengekspresikan diri itu penting banget karena kita tidak bisa merasa cantiknya diri sendiri kalau kita tidak punya hal itu.” Cara Anin menjadi diri sendiri adalah dengan menjadi model dimana dia bisa mengekspresikan dirinya. Anin beranggapan bahwa dengan berani mengekspresikan siapa diri kamu, hal itu akan membangkitkan rasa kepercayaan diri.

“Semakin mereka melihat aku berbeda, semakin aku merasa jadi diri akusendiri. Aku beda dari yang lainnya dalam artian aku ngerasa spesialdari mereka.”

Hal pertama yang harus kita lakukan menurut Anin adalah berani mengekspresikan diri kamu, dengan begitu kamu bisa menunjukkan apa kelebihan dan apa yang kamu punya. Cukup dengan berani mengekspresikan diri, kamu perlahan-lahan bisa menjadi diri sendiri.

Lihat ke Dalam Diri Kamu, Bukan Orang Lain

Memang menjadi diri sendiri itu tidak mudah, apalagi keluar dari stereotip dan standar kecantikan ideal maskyarakat. Dari cerita Em yang sudah lelah mengikuti ekpektasi orang lain yang tidak habis-habis, mendorong Em untuk menjadi bebas. Sama hal nya dengan Anin, dia memilih untuk berani mengekpresikan dirinya karena Anin beranggapan, tanpa bebas ekpresi dirinya tidak akan pernah percaya diri.

Yuk, kita mulai untuk percaya pada diri kamu sendiri dan berani mengambil langkah pertama untuk bebas mengekspresikan diri. Buat sebuah tempat dimana semua orang saling menerima satu sama lain tidak memandang penampilan.

Sekarang gantian kamu yang menceritakan tentang diri kamu dengan unggah foto kamu ke Instagram dan tag @itsmybase. Siapa tahu kamu bisa menang giveaway yang diadakan oleh BASE. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung cek di bawah ini.

Was this article helpful?

Related Stories