Search blog...

Be the Real You! Mulai dari Mengenal Diri Sendiri

Be the Real You! Mulai dari Mengenal Diri Sendiri

Saat kamu sedang wawancara kerja atau mungkin saat mengambil ujian masuk ke sebuah universitas kamu diharuskan untuk mengambil tes kepribadian. Kenapa sih penting mengambil tes kepribadian?

Mengambil tes kepribadian tidak sesederhana kedengarannya, dengan mengambil tes tersebut yang biasanya digunakan untuk melihat pekerjaan apa yang cocok sampai ke penempatan kerja memberi kita sekilas tentang apa passion kamu. Inti dari tes kepribadian adalah untuk kamu mengenal dirimu sendiri untuk memudahkan kamu memilih jurusan dan pekerjaan apa yang cocok untuk kamu.

Tetapi mengenal dirimu sendiri tidak hanya membantu kamu memilih jurusan kuliah dan pekerjaan saja ya, kamu juga bisa lebih bebas berekspresi dan bisa mengontrol diri.

Real Happiness Starts with Knowing Oneself

Sambil kamu membaca artikel ini, mungkin kamu mulai bertanya apa yang bisa kamu dapatkan dengan mengenal diri sendiri? Pasti pada sudah pernah nonton film animasi Kung Fu Panda yang pertama kan? Kalau kamu salah satunya yang bingung kenapa panda bisa punya ayah seekor bebek, kamu tidak sendirian kok.

Oke, kenapa sekarang jadi ngomongin Kung Fu Panda ya*? Spoiler alert!* Kalau kamu ngikutin Kung Fu Panda sampai yang ketiga pasti kamu tahu kalau Po, seekor panda yang merupakan karakter utama dari film tersebut merasa aneh kenapa dia selalu merasa ada yang kurang pada dirinya sendiri? Dan mulai bertanya kenapa hanya ada satu panda dari seluruh desa ini? Kenapa hanya dia yang berbulu hitam dan putih?

Mulailah Po mencari asal-muasal dan orang tua aslinya. Sama seperti kita, kalau kita belum bisa mengerti siapa diri kita dan selalu merasa ada yang kurang, bagaimana kita bisa bahagia?

  • Mengenal diri sendiri adalah awal dari kebahagian, dikarenakan kamu akan mengerti hal apa yang paling kamu cari di dunia ini, atau apa sebenarnya tujuan hidup kamu. Lanjutin cerita dari film animasi Kung Fu Panda, setelah Po menemukan siapa orang tua nya dia merasa terpenuhi dia tahu darimana dia berasal, dan yang paling penting dia memiliki dua ayah yang sangat mencintai dirinya.

  • Dikutip dari PsychologyToday mengatakan bahwa, kamu bisa mengetahui apa kelebihan dan kekuatan dari dirimu sendiri. Jika kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekuatan kamu, maka kamu bisa gunakan kelebihan dan kekuatan tersebut untuk membantu orang atau mungkin kamu bisa unggul dalam satu hal yang benar-benar kamu sukai.

  • Pengambilan keputusan yang lebih baik. Bagaimana pengambilan keputusan yang lebih baik dipengaruhi dengan mengetahui diri sendiri? Keputusan yang baik diambil dengan penilaian yang tepat, mulai dari jaket apa yang cocok dengan kamu sampai pasangan hidup. Semua ini dipengaruhi seberapa dalam kamu mengetahui dirimu sendiri.

  • Lebih mudah mengekspresikan dirimu ke semua orang. Jika kamu sudah mengetahui apa yang kamu perjuangkan dan apa yang kamu percaya, hal tersebut akan membuat dirimu nyaman dalam mengekspresikan perasaan bahkan pikiran kamu ke orang lain.

Cara Mengenal Dirimu Sendiri

Mengenal diri sendiri membuat kamu bisa lebih mengerti apa passion dan apa yang terbaik untuk kamu. Untuk itu, berikut cara mudah yang bisa langsung kamu terapkan untuk mengenal dirimu sendiri:

  • Tulis sebuah refleksi jurnal setiap hari. Jurnal dapat membantu kita merasakan emosi dan belajar dari peristiwa-peristiwa yang sudah berlalu. Menulis refleksi setiap hari akan membuat kamu menemukan apa kekuatan dan kelemahan kamu. Mengetahui kelemahan dan kekuatan kamu akan membuat kamu lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri.

  • Tanyakan pada dirimu sendiri, apa misi dan visi kamu? Jangan terlalu tergesah-gesah dalam menjawab pertanyaan ini, dan visi misi kamu tidak harus menyelamatkan dunia dari kehancuran.

  • Tanyakan pada dirimu, apakah nilai yang kamu pegang dan percaya? Contoh kamu ingin hidup berpegang kepada kejujuran, adil dan toleransi. Pikirkan apa yang memandu kamu dalam memilih sebuah pilihan jika kamu ditanya apakah menyontek saat ulangan disebut sebagai curang atau kerja sama?

  • Mengetahui tubuh kamu juga tidak kalah pentingnya. Mengenal diri sendiri tidak hanya dari aspek psikologis, tetapi juga melalui kulit dan tubuh kita. Belajar mengerti apa yang kulit kamu butuhkan atau apa kondisi tubuh kamu bisa membuat kamu menerapkan ekspektasi yang realistis. Tanya pada dirimu sendiri, apa yang kamu suka atau bahkan cinta dari tubuh kamu?

Be the Real You!

Apa yang membuat diri kamu adalah ‘kamu’? Saat kamu menggunakan kata aku, gue, ataupun saya, kamu merasa jelas dengan apa arti dari kata tersebut. Sejak kecil kamu sudah tahu tentang kepemilikan bahwa botol susu itu punya kamu. Sekarang coba tanya pada dirimu sendiri ‘siapa aku?’

Saat kamu bisa menjawab ‘siapa aku?’ artinya kamu sudah mengetahui prinsip apa yang kamu percaya, apa yang kamu sukai, dan apa yang kamu ingin menjadi di masa depan. Sederhana kan? Namun untuk beberapa orang menjawab pertanyaan ini lebih susah daripada menjawab pertanyaan matematika integral.

Pernah dengar istilah Ikigai? Untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam apa passion dan tujuan hidup kamu bisa cek di sini, bagaimana cara untuk menemukan passion dan tujuan hidup dengan Ikigai.

Refrences:

  1. Hurst, Katherine. (n.d.). How to Get to Know Yourself Better! 7 Steps to Self Awareness. The Law of Attraction. Retrieved from https://www.thelawofattraction.com/ways-know-yourself-7-steps/
  2. Selig, Meg. (2016, March 9). Know Yourself? 6 Specific Ways to Know Who You Are. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/changepower/201603/know-yourself-6-specific-ways-know-who-you-are
  3. Self-knowledge: Know Yourself. (n.d.). The School of Life. Retrieved from https://www.theschooloflife.com/thebookoflife/know-yourself/w

Related tags

Was this article helpful?

Related Stories

© 2020, PT Basis Inovasi Global