Search blog...

Ayo Tebak, Olahraga Apa yang Bisa Hilangin Stress?

Ayo Tebak, Olahraga Apa yang Bisa Hilangin Stress?

Akhir-akhir ini, jadi lebih mudah stres karena banyak kerjaan, dan ditambah lagi gak bisa kemana-mana? Duh, kepala lagi mumet, butuh liburan? Kamu tidak harus liburan kok, karena ternyata olahraga bisa juga mengatasi stres.

Ingin tahu cara hidup sehat yang tepat dengan olahraga yang bisa hilangin stres juga? Jawaban nya adalah senam aerobik!

Senam Aerobik Sambil Latihan Joget Untuk Tiktok?

Sebelum kita masuk ke manfaat dari senam aerobik, kenapa kamu tidak coba langsung saja senam aerobik unik ini yang terinspirasi dari Tiktok. Setelah dikulik-kulik ternyata joget yang ada di Tiktok mirip sama gerakan di senam aerobik loh. Jadi ini nih kesempatan kamu untuk buat konten Tiktok sambil bakar lemak.

Gimana yang satu ini dari channel Youtube Madfit? Cek juga video-videonya yang lain sangat cocok untuk hilangin stres.

Jazzercise yang Sempat Viral

Kamu harus coba Jazzercise setidaknya sekali dalam hidupmu. Lagu-lagu jadul dipadukan dengan senam yang energetik akan menghilangkan stres kamu dalam sekejap. Plus, olahraga seperti ini bagus untuk cardio loh.

Berikut, tanpa perlu berlama-lama, Jazzercise 1982 untuk menghilangkan stres dan mungkin untuk inspirasi kamu yang lagi ikut Happy Healthy You 14-Days Challenge.

Senam yang Janji Bakal Bikin Hype

Sudah bosan dengan olahraga cuma ngangkat barbel atau hanya jalan keliling rumah saja? Selain wajah kamu yang bakal pegel tersenyum terus, senam ini efektif untuk membakar kalori. Jadi tunggu apa lagi?

Cara hidup sehat tidak lengkap kalau tidak diseimbangi dengan sarapan sehat. Yuk, cari tahu di sini ide-ide sarapan sehat yang engga bosenin.

Kelebihan dari Senam Aerobik

Pertama-tama jangan membandingkan senam saat kamu SD atau kelas senam yang isi nya tante-tante ya. Senam aerobik hits juga loh. Gak percaya? Apalagi saat pandemi gini, membuat senam menjadi salah satu olahraga yang digemari.

Memulai hidup sehat menjadi lebih bersemangat dengan senam aerobik. Apa sih olahraga aerobik itu? Aktivitas apapun yang membuat darah terpompa. Ini juga dikenal sebagai aktivitas kardiovaskular. Berikut segala kelebihan dari senam aerobik selain menghilangkan stres:

  • Melatih keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, kelincahan, koordinasi, dan daya tahan.

  • Susah tidur di malam hari? Senam aerobik bisa membantu kamu tidur pulas menurut studi dari Journal of clinical sleep medicine. Tetapi, olahraga sebelum tidur malah bisa bikin kamu susah tidur. Coba olahraga setidaknya 2 jam sebelum tidur.

  • Membantu menjaga berat badan, semua olahraga pada umumnya dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan, tetapi senam aerobik paling mudah tanpa perlu alat maupun persiapan.

  • Memperkuat kekebalan tubuh, diambil dari Healthline mengungkapkan bahwa olahraga dalam bentuk cardiovascular dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Bagus untuk kesehatan otak dan meningkatkan kinerja kognitif. Setelah umur 30 daya kognitif kita mulai menurun. Untuk mencegah, menurut jurnal dari The journal of Gerontology, olahraga seperti aerobik bisa membantu memperlambat hal tersebut.

Sekarang kamu sudah tahu kelebihannya, semakin ingin olahraga di rumah? Jangan lupa untuk ikut HAPPY HEALTHY YOU 14 DAYS CHALLENGE, kamu juga bakal berkesempatan untuk menangin HAPPY HEALTHY YOU KIT.

Referensi:

  1. Baron, K. G., Reid, K. J., & Zee, P. C. (2013). Exercise to improve sleep in insomnia: exploration of the bidirectional effects. Journal of clinical sleep medicine : JCSM : official publication of the American Academy of Sleep Medicine, 9(8), 819–824. https://doi.org/10.5664/jcsm.2930
  2. Marcin, Ashley. (2020). What are the benefit of aerobic exercise?. Healthline. Retrieved from https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-aerobic-exercise#risks
  3. Stanley J. Colcombe, Kirk I. Erickson, Naftali Raz, Andrew G. Webb, Neal J. Cohen, Edward McAuley, Arthur F. Kramer.

Was this article helpful?

Related Stories

Mindful Living Untuk Tahun 2021 yang Lebih Bahagia

Apakah akhir-akhir ini kamu merasa kecewa, kesal atau bahkan marah terhadap diri sendiri? Mungkin praktek mindful living bisa membuat hidupmu lebih bahagia di tahun 2021.

Ingat Kesehatan Payudara, Ingat SADARI

Menurut situs dari Lovepink Indonesia, 1 dari 8 perempuan terdiagnosa dengan kanker payudara. Dikutip juga dari situs Breast Cancer mengungkapkan, sekitar 85% kanker payudara terjadi pada perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara. Hal ini terjadi karena mutasi genetik yang diakibatkan dari proses penuaan dan kehidupan secara umum, bukan mutasi bawaan.

Cara Menghadapi Body Shaming yang Datang Dari Orang Terdekat

Terkadang kita merasa bingung apakah komentar seperti “Kok, rasanya kamu gendutan ya? Jangan makan banyak-banyak daging deh.” atau “Eh, kamu iteman ya? Abis darimana?” sering muncul di media sosial, bahkan terkadang beberapa muncul dari orang terdekat kamu. Apakah ini termasuk body shaming?

Ide Sarapan Sehat Yang Engga Bosenin

Bosan dengan sarapan pagi yang itu-itu saja? Di sini BASE sudah mengkompilasi resep-resep mudah sarapan sehat. Kamu hanya membutuhkan sebuah blender untuk membuat sarapan yang gak bosenin. Mumpung kita sering di rumah nih, sekarang ini adalah saat yang tepat untuk kita coba-coba menu baru. Yuk, kita mulai membangun kebiasaan dan gaya hidup sehat.

Apakah Kamu Perlu Detoks Digital?

Pandemi ini membuat kita terinspirasi untuk mulai menerapkan pola hidup sehat, tetapi perangkat digital dapat menjadi penghalang antara kamu dan hidup sehat. Menurut data statistik survei bulan Maret tahun 2020 dari Statista, seluruh dunia mengalami peningkatan pemakaian internet 70% lebih banyak dari biasanya.