Search blog...

A Skincare Routine Shortcut to Keep Maskne At Bay

A Skincare Routine Shortcut to Keep Maskne At Bay

Terkadang memakai masker terlalu lama dapat membuat kulit kita berjerawatan, tetapi skincare rutin yang tepat bisa loh membuat wajah kamu terhindar dari maskne atau jerawat yang dikarenakan masker. Penasaran bagaimana cara mencegah maskne? Berikut skincare rutin yang harus kamu terapkan untuk mencegah maskne.

Dimulai Dengan Selalu Mencuci Muka Setelah Bepergian

Idealnya, kamu disarankan mencuci muka 2 kali sehari agar bakteri dan kotoran tidak menyumbat pori-pori. Tetapi, keharusan menggunakan masker saat ini memicu penumpukan kotoran dan keringat. Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mencuci muka setelah bepergian. Bagaimana dengan kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif?

Jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif mencuci muka terlalu sering bisa merusak keseimbangan pH wajah. Jika keseimbangan pH wajah rusak, hal ini akan membuat kulit kamu merasa gatal dan merah. Untuk kamu yang merasa wajah kamu terlalu kering, dianjurkan untuk segera memakai toner dan pelembap setiap kali setelah mencuci muka.

Tips: Gunakan pembersih wajah yang lembut dan pH rendah sekitar 5.5 dengan kandungan melembapkan seperti olive squalane.

Pembersih wajah seperti apa sih yang cocok untuk kulit kamu? Yuk, isi skin test BASE untuk mengetahui bahan aktif apa yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Pakai Toner Setelah Mencuci Muka

Sering bertanya-tanya, apa benar kamu membutuhkan toner? Cleanse, tone, dan moisturize adalah tiga langkah penting dalam skincare rutin. Pemakaian masker wajah yang terus menerus dapat menganggu keseimbangan pH kulit wajah, sehingga toner dapat membantu mengembalikan keseimbangan tersebut. Setelah mencuci muka, toner juga dapat membantu menjaga kelembapan dan minyak alami di kulit wajah.

Toner memiliki satu keunggulan lagi loh, yaitu toner dapat mengencangkan pori-pori dengan membersihkan kotoran dan minyak yang tertinggal di kulit setelah mencuci muka. Sangat cocok nih untuk kamu yang selalu memakai masker wajah setiap saat, karena kelembapan wajah yang berlebih membuat pori-pori mudah tersumbat dan terinfeksi dengan bakteri.

Tips: Cari toner dengan kandungan antibakteri seperti calendula extract, dan bisa membersihkan pori-pori seperti witch hazel.

Jangan Lupa Untuk Selalu Memakai Pelembab

Pastinya beberapa dari kamu sudah bosan deh mendengar kata-kata ini. Jangan lupa untuk selalu memakai pelembap sebelum kamu berpergian menggunakan masker wajah dan sesudah memakai masker. Jangan khawatir karena pelembap yang cocok tidak akan membuat kulit kamu berminyak.

Dikutip dari Nytimes.com pelembap cukup dipakai dengan layer yang tipis. Menurut dermatologis, Dr. S. Tyler Hollmig yang dikutip dari artikel yang sama, menutup kulit dengan masker wajah membuat produk skincare yang kita pakai diperkuat karena kemungkinan besar tidak menguap.

Tips: Cari pelembab dengan kandungan non-komedogenik seperti jojoba oil, sunflower seed oil atau Allantoin__. Temukan bermacam bahan aktif yang bersertifikat BPOM dan halal di sini.

Kunci Untuk Mencegah Maskne Adalah Skincare Rutin Minimalis

Dikutip dari NewYorkTimes.com, menggunakan skincare yang minim dapat mencegah pori-pori tersumbat, iritasi kulit, dan juga komedo. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menutup kulit wajah kita dengan masker akan mengintensifkan atau intensify bahan aktif yang terkandung di produk skincare, sehingga penggunaan eksfoliator, vitamin C dan retinol tidak disarankan saat pemakaian masker yang lama, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Jangan lupa juga untuk baca cara lain mengatasi jerawat yang disebabkan masker di sini.

Ingin memastikan kulit kamu terhindar dari maskne? Coba ambil BASE skin test di sini, agar kamu tidak usah khawatir lagi untuk memakai masker wajah seharian. Selain itu kamu juga tidak perlu sering gonta-ganti skincare, karena BASE skincare berbasis teknologi yang dapat membantu mencocokan bahan aktif sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

References:

  1. Groth, Leah. (2020, May 15). ‘Maskne’ Is a Real Thing-Here’s How to Stop Face Mask Breakout. Health. Retrieved from https://www.health.com/condition/skin-conditions/maskne-mask-acne-mechanica
  2. Lo, Danica. (2020, April 22). Maskne Is Real: Mask Breakouts And How To Prevent Them. Hong Kong Tatler. Retrieved from https://hk.asiatatler.com/style/face-mask-breakouts-skincare
  3. Oehler, Christina. (2020, May 26). How Often Should I Wash My Face Mask-and What’s the Best Way to Do It?. Health. Retrieved from https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/how-often-should-i-wash-my-face-mask
  4. Rubin, Courtney. (2020, June 17). Maskne Is the New Acne, and Here’s What Is Causing It. New York Times. Retrieved from https://www.nytimes.com/article/maskne-acne.html

Was this article helpful?

Related Stories

5 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Skincare Vegan Untuk Kulit dan Lingkungan

Kalau tahun 2020 industri kecantikan sempat diguncang dengan dokumenter Beauty Laid Bare yang memperlihatkan sisi gelap bagaimana produk kecantikan dibuat.

Hero Ingredient: Ectoin® Sebagai Bahan Aktif Pelindung Kulit dari Polusi

Balik lagi ke seri Hero Ingredient! Dimana kita akan membahas bahan-bahan aktif natural yang BASE pakai untuk memformulasi produk skincare kamu.

Hero Ingredient: Ekstrak Daun Blackcurrant and Raspberry Efektif Mengurangi Sebum Wajah

Kombinasi sempurna untuk mengurangi sebum wajah dan mencegah jerawat, efektif mengurangi radikal bebas, juga sebagai bahan anti iritasi. Ekstrak daun Blackcurrant dan Raspberry atau Seboxyl® merupakan bahan aktif yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kombinasi, ataupun mudah berjerawat.

Apakah Kulitmu Perlu Perlindungan dari Radiasi Inframerah?

Kalau bicara soal inframerah atau inframerah (IR), kamu yang lahir pada tahun 80an dan 90an pasti masih ingat kan sama ponsel yang mengirim file dengan inframerah?

Apa itu Ultraviolet? Perbedaan UVA, UVB dan UVC

Saat duduk di bangku SMP, pasti kebanyakan dari kita pernah bertanya apa gunanya belajar fisika dan spektrum cahaya kalau kita pada akhirnya tidak ke bidang tersebut?

Apa itu Blue Light dan Visible Light? Kenapa Kulitmu Perlu Skincare Anti Blue Light

Tahu tidak kalau cahaya termasuk kedalam kategori polusi? Tidak bisa dipungkiri kalau kulit kita terpapar sinar hampir setiap saat. Terutama radiasi visible light yang hampir selalu ada dari pagi hingga malam.