search-box
Search blog...

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Skin Barrier Rusak

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Skin Barrier Rusak

Kulit kusam, kering, dan gampang mengelupas? Perlu hati-hati, karena hal tersebut adalah ciri-ciri skin barrier rusak, lho, BASE Friends!

Skin barrier rusak ini dapat terjadi karena berbagai faktor, dari mulai adanya penyakit kulit seperti eksim, terpapar polusi terus-menerus, pemakaian exfoliator yang berlebihan, kurang tidur, stres hingga dehidrasi berat pada kulit. Adakah ciri-ciri dan faktor tersebut yang BASE Friends lakukan dan rasakan? Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Perbaiki Pola Tidur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurang tidur dan stres merupakan segelintir alasan dibalik skin barrier yang rusak. Sebelum memakai berbagai macam skincare dengan klaim yang dapat mengatasi skin barrier rusak, ada baiknya BASE Friends memperbaiki pola tidur terlebih dahulu.

Menurut artikel dari situs kesehatan terkenal HelloSehat memaparkan kalau pola tidur berantakan yang akhirnya mengakibatkan kurang tidur dapat meningkatkan peradangan kulit. Sehingga kulitmu lebih rentan mengalami jerawat atau skin barrier rapuh. Untuk itu, tidak heran kalau saat kamu kurang tidur kulitmu terlihat lebih kusam dari biasanya.

Hayo, ngaku siapa nonton Drama Korea sampai subuh? Jangan dibiasakan ya. Coba targetkan untuk tidur setiap harinya pada jam yang sama secara teratur selama kurang lebih 7-9 jam.

Gunakan Pelembap Dengan Bahan Aktif Yang Tepat

Untuk masalah skin barrier rusak, kelembapan kulit di layer epidermis adalah hal yang vital. Jurnal dari Dermatologic therapy menyebut bahwa ada korelasi positif antara kelembapan kulit dan skin barrier. Oleh karena itu, penting bagi BASE Friends untuk memilih moisturizer yang tepat dan membantu mengatasi skin barrier yang rusak.

BASE sendiri merekomendasikan Ultra Dew Moisturizer Cream bagi BASE Friends yang memiliki masalah skin barrier rusak dan kulit mudah terkelupas. Kandungan utama ceramide dalam produk ini telah terbukti dalam berbagai penelitian, seperti pada penelitian American journal of clinical dermatology dan International Journal of Pharmaceutics. Ceramide terbukti mampu membantu pemulihan skin barrier yang rusak dalam penelitian tersebut, lho.

Coba Beralih ke Basic Skincare

Basic skincare memegang peranan penting dalam proses pemulihan skin barrier yang rusak. Gunakan skincare yang wajib saja seperti facial wash, hydrating toner, moisturizer dan sunscreen. Pastikan semua rangkaian tersebut cocok dengan tipe kulit BASE Friends agar tidak menimbulkan masalah baru. BASE Friends bisa mencoba skin test dan membeli all in one kit dari BASE untuk langkah ini.

Semoga informasi tentang mengatasi skin barrier rusak ini berguna bagi BASE Friends ya!

Referensi:

  1. Rawlings, A. V., & Harding, C. R. (2004). Moisturization and skin barrier function. Dermatologic therapy, 17, 43-48.
  2. Vovesná, Aneta, et al. “Ceramide liposomes for skin barrier recovery: A novel formulation based on natural skin lipids.” International Journal of Pharmaceutics 596 (2021): 120264.
  3. Choi, M. J., & Maibach, H. I. (2005). Role of ceramides in barrier function of healthy and diseased skin. American journal of clinical dermatology, 6(4), 215-223.
  4. Rachmania, R (2021). Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak dan Bahan Skincare untuk Memperbaikinya. Kompas. Disari dari https://www.kompas.com/parapuan/read/532833766/ciri-ciri-skin-barrier-rusak-dan-bahan-skincare-untuk-memperbaikinya

Was this article helpful?